Telkomsel Tegaskan Kepemimpinan sebagai Pusat Hiburan Digital Terlengkap Indonesia di APOS 2025

Kamis 26-06-2025,07:00 WIB
Reporter : Riswandha Immawan
Editor : Riswandha Immawan

PAPUATENGAH.DISWAY.ID - Telkomsel kembali menunjukkan komitmennya sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital dan pusat hiburan terdepan di Indonesia dengan berpartisipasi dalam Asia-Pacific Video & OTT Summit (APOS) 2025 yang digelar pada 24–26 Juni 2025 di Badung, Bali.

Pada ajang yang mempertemukan para pemimpin industri global seperti Google, Netflix, TikTok, Warner Bros Discovery, dan Walt Disney ini, Telkomsel dipercaya menjadi host sesi Welcome Reception, membuka rangkaian diskusi strategis seputar masa depan industri hiburan digital di kawasan Asia-Pasifik.

Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, menyatakan bahwa keikutsertaan Telkomsel dalam APOS 2025 menjadi panggung strategis untuk menampilkan evolusi perusahaan sebagai entertainment hub yang inklusif dan kompetitif secara global.

BACA JUGA:Prabowo Resmikan Ngoerah Sun Wellness: Layanan Tak Kalah dengan Luar Negeri

“Sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di kawasan yang telah menemani perjalanan digital masyarakat Indonesia selama 30 tahun, Telkomsel terus berevolusi menjadi entertainment hub terdepan yang inklusif. Melalui APOS 2025, kami ingin memperlihatkan bagaimana kekuatan ekosistem Telkomsel – MAXstream Studios, IndiHome, hingga MyTelkomsel – memberi panggung global bagi konten, talenta, budaya, dan kisah Indonesia.” ujarnya.

Inovasi Telkomsel dalam Ekosistem Hiburan Digital

Perjalanan Telkomsel dalam industri hiburan digital dimulai sejak 2014 dengan peluncuran Bola Samba, yang dilanjutkan dengan kehadiran MAXstream pada 2018 sebagai platform utama konten premium dan orisinal.

Integrasi fitur streaming di MyTelkomsel, sinergi dengan platform global seperti Netflix, Disney+ Hotstar, YouTube, serta strategi Fixed Mobile Convergence (FMC) melalui integrasi IndiHome, mengukuhkan Telkomsel sebagai pelopor dalam adopsi layanan hiburan digital konvergen.

BACA JUGA:Dana Desa Papua Tengah 2025 Capai Rp1,08 Triliun, Puncak Jaya Terbesar

Pada 2024, transformasi MAXstream menjadi MAXstream Studios memperluas produksi konten lokal yang lebih relevan bagi Gen Z melalui format vertikal dan multi-perangkat.

Kolaborasi Konten Tanpa Batas

Telkomsel saat ini bekerja sama dengan lebih dari 30 mitra konten global dan lokal, termasuk Netflix, Disney+ Hotstar, TikTok, Viu, dan Vidio. Skema bundling, co-production, serta distribusi lintas platform membuka peluang baru bagi kreator lokal menembus pasar global.

Beberapa capaian signifikan meliputi:

  • MAXstream Studios: Film Little Rebels Cinema Club meraih Crystal Bear di Berlinale 2025, menegaskan daya saing konten lokal Indonesia.

BACA JUGA:DKPP Periksa Ketua dan Anggota KPU Intan Jaya Terkait Dugaan Pelanggaran Etik

  • IndiHome: Raih predikat ‘Excellent’ dalam kategori Pay TV dan Fixed Broadband di ICX Awards 2024.
  • MyTelkomsel: Raih penghargaan Telco to Ace Mobile App (Twimbit Telecom Awards 2025) dan Digital Initiative of the Year (Asian Telecom Awards 2024), dengan 83 juta pengguna aktif bulanan.

"Telkomsel akan terus melanjutkan strategi 'Evolving with Entertainment', memperluas portofolio konten hiburan berkualitas dalam wujud interactive, short-form, maupun immersive – yang juga didukung kapabilitas 5G dan AI kami – sembari memperdalam kolaborasi dengan studio lokal untuk semakin mendorong ekonomi kreatif digital Indonesia, serta Asia-Pasifik," tutup Derrick.

Sinergi Strategis: TikTok, GoTo, dan Viu

Memanfaatkan momentum APOS 2025, Telkomsel juga mengumumkan kolaborasi strategis tiga pihak bersama TikTok dan GoTo (melalui GoPay) untuk memperkuat inklusi digital, mendukung UMKM, kreator, serta live-commerce berbasis jaringan broadband Telkomsel.

BACA JUGA:Papua Tengah Evaluasi Izin 6 Perusahaan Sawit: Dua Dicabut, Empat Perlu Pembenahan Tata Kelola

Kategori :